Skip to main content

Pendakian Merbabu 3142 mdpl via Selo Boyolali

Gw sebenarnya bukan penulis yang ciamik seperti traveller blogger yang lain, makanya inspirasi nulis itu juga susah banget datengnya (⌒_⌒") . Biasanya setelah tahajud sambil nunggu subuh gini baru gw nulis (kudunya tadarusan ma dzikir banyak-banyak gw malah nulis, maafin silvi Ya Allah). Gw cuma suka cerita aja, cerita pengalaman ngebolang gw, ketemu teman-teman baru dan juga suasana yang baru.

Seperti hari ini, hari selasa 17 Februari 2015 akhirnya gw muncak lagi setelah sekian lama, hari dimana gw ketemu sama teman-teman baru yang sama setres nya hahaa. terakhir gw muncak tanggal 1 november 2014 ke gunung prau di dieng bareng jomblo bahagia team.

Tapi muncak kali ini bener-bener bikin sport jantung banget, gimana enggak coba kalau lo harus packing dalam waktu setengah jam dan kudu ngebut bawa dorami (tante vario) ke magelang sendirian, yup finally gw muncak merbabu dengan segala keterbatasan.

Berawal dari temen gw yang gak bisa diajakin olahraga hari itu, akhirnya gw memutuskan tuk pergi ke rumah mba nay, tapi mba nay lagi pergi dan dikirimkanlah gambar ke hape gw dimana mba nay lagi pake carrier segede gaban, langsung mupeng dan kepo lah gw nanya ke mba nay mau kemana dan ternyata mau muncak merbabu, ikuuuuuuuuuut.

Jam 7.30 gw langsung packing dengan bawa baju yang belum pada disetrika, peralatan seadanya, pokoknya apa yang ada di depan mata gw dan kira-kira berguna untuk pendakian nanti, gw bawa semua, biarpun akhirnya banyak banget yang ketinggalan, secara yang packing puluhan taon aja (lebay) bisa ada yang kelupaan apalagi gw yang cuma 30 menit.

Setelah izin mama dan pemberitahuan sana sini akhirnya gw cuss berangkat naik dorami ngebut ke magelang. Di perjalanan gw mampir makan dulu, daripada ntar ketemu temen-temen muka gw cemberut karena kelaparan (maaf ya mba nay, jadi nunggu lama hehhehe).

Pukul 10.30 gw sampai di tempat janjian, setelah itu langsung berangkat ke base camp pendakian merbabu di Selo, Boyolali. Sesampainya di basecamp gw ma yang lainnya ishoma dulu. Kali ini gw muncak berenam, gw, mba nay, mas ayah, mas zendi, agus dan ela.

Kalo lo mau muncak merbabu lewat selo, rute dari jogjanya adalah lo lurus aja ke arah magelang sampai nemu pabrik kertas blabak di sebelah kanan jalan, nah pas lampu merah setelah pabrik belok ke kanan, yang ada papan nama pondok pesantren gontor 6. Setelah itu luruuuuuuus terus kira-kira 15km sampai ada jalan bercabang, yang satunya naik ke gardu pandang keteb pass ,nah kita ambil yang ke kanan atau bawah, dan itu masih luruuuuus terus ikutin jalan sampai lihat banyak pertokoan nanti belok kanan masuk ke kampung, dari sini kalau bingung tanya warga ya soalnya jalannya kecil , gw juga bingung :p .

Pendakian dimulai pukul 13.15 setelah ritual doa bersama dilakukan. Bismillah semoga diberikan kelancaran sama Allah...Aamiin. Untuk pendakian kali ini kami memilih jalur Selo karena katanya lebih gampang, tapi pada kenyataannya segampang-gampangnya track ndaki gunung mah pasti nanjak dan terjal (kalau gw jadi orang kayaaaa banget, gw bakal bikin semua gunung landai, jadi naik gunung berasa tamasya hahahahaha.....< abaikan).

Untuk orang normal, sampai puncak merbabu yang mempunyai ketinggian 3142 mdpl itu sekitar 7-9 jam dan gw gak sampai puncak hahahaha, cuma sampai pos 3 doank, itu pun setelah mendaki 5 jam baru sampai, secara bodi semok begini kan bebannya berat jadi jalannya kagak bisa cepet.

Tapi walaupun cuma sampai pos 3, gw dah seneng banget, soalnya disini banyak spot poto yang bagus, tapi seperti biasanya, gw kalau sudah lihat tempat yang indaaaaaah banget kayak gini banyak diam saking terpesonanya, sampai bingung mau poto apa karena semua kereeeeen.

Sampai di pos 3 sekitar pukul 18.00, lalu kami mendirikan tenda dan yang pasti harus masak karena sudah pada kelaparan. Selesai makan dan sholat, langsung deh pada narsisan...sesi poto-poto. Terimakasih yang teramat sangat sama potograper terhandal se-dunia akhirat, mas zendi....yeaaaay ヽ(*⌒∇⌒*)οΎ‰ ,hasil potonya dahsyaaat binggoooo.

Di puncak gunung sekalipun pantang poto jelek :p

Merapi kelihatan deket banget, berasa kayak kepeleset aja nyampe

Gak terasa jam menunjukkan pukul 23.30, sudah waktunya sesi poto-poto dihentikan, karena harus tidur guna mengumpulkan tenaga untuk poto-poto lagi di esok hari (loooh).

Tidur di atas gunung itu harus selalu dengan persiapan yang matang (seharusnya), tapi secara persiapan gw mendadak akhirnya ada aja perlengkapan yang ketinggalan, dan kali ini yang ketinggalan adalah yang terpenting, yaitu kaus kaki >.< , jadilah gw gak bisa tidur karena kaki yang kedinginan tingkat dewa.

Pagi harinya setelah subuhan, temen-temen semua langsung bergegas ke atas bukit untuk poto-poto, pendar cahaya fajar pagi itu kereeeeen bangeet, apalagi ada potograper andal dan model-model yang caem banget, hasil potonya bikin semua temen-temen iri hehheee. Semua yang indah itu tak akan gampang didapatkan dan selalu perlu proses.

Sunrise dari pos 3 merbabu, awalnya mataharinya ketutupan gunung lawu tapi tetep kereen

Sampai pakai jaket dobel saking duinginnya

Setelah selesai poto-poto, gw ma temen-temen sarapan dan bebenah untuk turun gunung. Sekitar pukul 08.30 kita turun dan sepanjang perjalanan turun ada beberapa kali berhenti untuk poto-poto :D . Jadilah kami sampai basecamp pukul 12.30 , trus langsung shalat Zuhur dan makan siang.

Tengkyuuuuh teramat sangaaaaat untuk mba nay dan mas ayah yang sudah ngajakin muncak kali ini, mas zendy untuk hasil jepretannya yang dahsyat banget, you're the best potographer I've ever seen. Agus yang sudah banyak bawain barang-barang dan ngeberesin tenda :D , dan ela yang hmmm sudah bikin bingung kita semua karena cuma di mode : silent...lain kali ganti mode : normal yaaak la hehehee.

Thanks a bunch gaaaaaeeeesss *peyuuuk semuaaah

Tetep cantik setelah turun gunung :p

Hasil jepretan om zendi, berasa kayak di korea

Seru-seruan di pos 3

Popular posts from this blog

Menari Jarikan di acara dimas diajeng Sleman, Jogja City Mall (JCM)

Saat gw liburan di Lombok Bali untuk taon baru , gw dapat broadcast yang isinya tentang jarikan ,jarikan ini adalah kegiatan yang diadakan oleh dimas diajeng sleman. Karena dasarnya gw suka nari jadilah gw kepikiran untuk ikut, biarpun badan gw jumbo tapi dulunya gw penari, waktu kecil kan kalau nari dengan badan gendut jadinya lucu,lha dengan badan segede sekarang nari??hmmm ya kalian nilai sendiri aja deh hahahaa. Jarikan flashmob , judul dari broadcast itu, acaranya bakal diadain di jogja city mall (jcm) tanggal 11 januari 2015, dan latihannya 3 hari berturut-turut mulai tanggal 8 januari 2015. Gw balik dari Bali tanggal 6 januari, tanggal 7 briefing dan tanggal 8 langsung latihan jarikan, mulai dari jam 4 sore sampai malam, tanggal 9 latihan dari jam 6 sore sampai 10 malam, hari terakhir latihan atau gladi resik tanggal 10, mulai pukul 10 malam langsung di jogja city mall nya. Gw pikir awalnya gerakannya bakal hip hop layaknya flash mob gitu, tapi ternyata karena ini acaranya dim

Candi Sewu Yogyakarta

Banyak banget candi yang bagus di Yogyakarta, salah satunya adalah candi sewu ini. Pertama kali gw ke candi sewu ini saat gw nganter tamu dari Bandung untuk keperluan skripsinya. Saat itu gw cuma nunggu di mobil aja (maklum supir :p ) . Beberapa hari kemudian gw lihat foto candi sewu di instagram yang keren banget, akhirnya gw coba kesana, secara dekat sama rumah ini. Candi Sewu dari kejauhan    Candi Sewu Saat itu yang gw ingin poto adalah pohon besar dengan daun-daunnya yang sedang berguguran di salah satu sudut yang ada di candi sewu ini. Apesnya gw kesananya hari minggu pagi dan disana lagi ada kerja bakti massal gitu dan saat gw sampai di pohon yang gw tuju ternyata daun-daunnya sudah disapuin (whhooooaaaaaaa T.T). Sebenarnya daun-daunnya masih ada di dekat pohon, tapi masak gw serakin lagi, yang ada gw dibakar sama yang lagi kerja bakti. Pohon yang mau gw foto, tuh daunnya mblendug di samping pohon T.T   Akhirnya gw terpaksa menerima keadaan dengan ikhl

Bukit Banyak Angkrem, Salaman, Magelang

Hari Kamis tanggal 22 Oktober kemarin, gw ma temen-temen dari magelang berangkat muncak. Tujuan kita kali ini adalah bukit banyak angkrem. Kenapa disebut bukit? karena tingginya hanya 800an mdpl, kenapa muncak bukit ini? karena biarpun hanya bukit tapi bedanya dari yang lain adalah saat mau sampai puncak, kita harus climbing dulu, jadi ada sedikit geeeermya laah . Naaaaaah, dari awal gw memang sudah dibilangin kalau ada climbingnya untuk sampai puncak, tapi yang gw gak tahu adalah ternyata tidak seperti climbing yang gw bayangkan, this is the real climbing sob !!! Kamis malam itu sekitar jam 7 kita sudah kumpul di rumah salah satu teman gw di Magelang. Gw gak ngerti rencana muncak jam berapa, siapa aja yang ikut, trus itu bukit nya ada dimana. Di saat gw mengiyakan ikut pendakian ini adalah karena gw sudah lama banget gak muncak, kira-kira 6 bulan dan gw sudah kangen banget ketinggian. Kangen capeknya, kangen ngecampnya, kangen ngobrol-ngobrolnya, kangen lihat jutaan bintang di pla