Skip to main content

Gunung Prau 2565mdpl via pathak banteng

"Sil, muncak prau yuks"...

Ajakan muncak dari om jin A.K.A Yoyok temen SMA gw di saat itu langsung gw iyain tanpa mikir panjang ,secara terakhir gw maen ke gunung taon 2004. dan setelah berembug panjang yang menghabiskan pulsa akhirnya disepakati tanggal 1 november 2014 kita muncak ke gunung prau dieng.

Karena teman-teman gw yang lainnya dari Jakarta dan pada kerja semua, jadilah long weekend menjadi pilihan untuk muncak dan pastinya bakal rame bingiiiiit di atas sana. Rencana awal kita muncak berenam, lima teman gw dari jakarta dan gw sendirian dari jogja, tapi mendadak beberapa hari sebelum hari H, pada banyak yang batal jadilah hanya 3 orang dari Jakarta dan temen gw 2 orang dari Jogja, tapi gw gak berangkat sama 2 temen lainnya yang dari Jogja yaitu inug temen SMA gw juga dan adi, karena mereka milih naik motor bedua.

Tanggal 31 Oktober 2014 gw sudah mempersiapkan semua untuk keberangkatan besok ke dieng termasuk beli tenda dan matras. Besok pagi janjian ma temen-temen yang dari Jakarta di alun-alun wonosobo, mereka sampai disana pukul 10 pagi dan gw berangkat dari Jogja jam 6 pagi.

Fix gw nyupir doracar sendirian dari Jogja, tapi maghrib tiba-tiba ada yang sms gw, dan ternyata nico yang udah 2 minggu lebih touring ke labuan bajo dan muncak rinjani sendirian \(〇_o)/.

Gw sengaja delkon bbm dia karena ogah liat DP ma statusnya dia, pasti bikin iri hahahaa...makanya sms an, dan malam itu dia sms kalo posisi sudah di ponorogo dan nanti habis isya mau balik Jogja, jadi besok pagi bisa nganterin gw ke dieng, kurang stres apa coba ini anak...belom juga nyampe jogja dari touring gilaknya dia, dah mau nganterin gw ke dieng, ya pasti gw tolak lah...tapi bukan nico namanya kalo gak keras kepala, akhirnya gw tetep dianterin ke dieng walaupun harus berangkat pukul 10 pagi, karena dia baru nyampe jogja jam 2 pagi, untung yoyok dan temen2 gw dari jakarta juga telat karena macet long weekend.

Jam 1 siang gw ketemuan sama yoyok di masjid agung wonosobo deket alun-alun, setelah sholat kita langsung cuss ke dieng karena inug dan adi dah nunggu di basecamp pathak banteng.

Lokasi dari base camp pathak banteng ini adalah di dieng, kalau dari alun-alun wonosobo tinggal lurus aja ke arah kawasan dieng plateu , nanti setelah  gardu pandang ,sekitar 500m sebelah kiri ada SD trus belok kanan, base camp ada di seblah kanan sekitar 100m dari jalan besar.

Doracar sudah terparkir rapi di halaman masjid dekat basecamp dan pukul 5 sore setelah bebenah semuanya selesai akhirnya gw,yoyok,inug,adi,putri,bowo berangkat muncak, biarpun waktu itu hujan tapi gak menyurutkan niat kita semua tuk sampai puncak gunung prau. Dan nico nunggu di bawah karena kayaknya bakal kecapekan kalo harus ikut naik, trus ngapain juga coba dia nganter gw sampai dieng, mending istirahat di rumah kan -___- . Orang yang paling susah gw mengerti ya orang ini, kalau sudah punya mau, gak bakal bisa dibantah.

Awalnya muncak kali ini gw cewek sendiri, tapi yoyok kekeuh cariin temen cewek buat gw , padahal dia aja selalu bilang "gw temenan ma lo kagak berasa temenan ma cewek lagi sil" hahahaa....sohib gw dari SMA yang satu ini emang paling gokil dan deket banget sampe sekarang.

Saat mau naik,kita beli mantel dulu karena inug dan adi gak bawa mantel, terpaksa harus beli mantel plastik di warung yang banyak berjejer di pinggir jalan utama deket base camp, sementara yoyok dan inug daftar ke base camp, gw sama temen-temen yang lain nunggu di warung itu. Setelah sudah dirasa siap semua , kita berangkat muncak.

Sekitar 15 menit perjalanan, temen gw baru nyadar tenda gw yang ada di carriernya dia ternyata gak ada, alhasil sesuai kesepakatan bersama yoyok sama inug balik lagi nyariin tenda dan yang lain meneruskan perjalanan dan menunggu di pos 1.kemungkinan tenda ketinggalan di warung yang kita beli mantel tadi. Sampai di pos 1 adzan maghrib berkumandang. Setelah nunggu lumayan lama, yoyok dan inug datang trus kita bergegas muncak lagi.

Nungguin yoyok ma inug di pos 1

Jalan dari base camp ke pos 1 itu jalannya bisa dilalui kendaraan roda dua dan melewati perkampungan dan sawah warga, karena dari itu ada jasa ojek dari base camp ke pos 1, kalo gak salah cuma 10rb. Biarpun badan gw segede galon gini tapi gw ogah juga kalo harus naik ojek, muncak apaan naik ojek -___-.

Jalan dari pos 1 ke pos 2 mulai terasa menanjak. Tapi banyak yang jualan di antara pos 1 dan pos 2 ini, kira-kira ada 5 warung, yang paling atas yang dibawahnya pos 2 persis.karena om jin alias yoyok badannya paling gede dan bawaannya paling berat jadinya kita banyak nungguin dia sembari makan gorengan ma dangdutan di semua warung makan yang kita lewatin hahahaa. Si om jin doping nya rokok muluk sih , padahal ini orang hari-harinya kagak ngerokok, tapi giliran muncak malah ngerokok.

Seperti yang gw bilang di awal, long weekend pasti bakal rame bingiiit dan ternyata bener. Semakin puncak jalan semakin terjal dan akhirnya banyak terjadi antrian di setiap jalur yang memerlukan bantuan tali untuk naik, apalagi dengan tingginya yang hanya sekitar 2565mdpl , gunung prau banyak dijadikan para pemula termasuk gw untuk muncak, apalagi banyak cewek-ceweknya pula, jadilah di setiap tanjakan yang terjal, para cewek ini histeris takut jatuh, usaha tuk naik sama teriaknya, kencengan teriaknya, hahahahaa....geli gw liatnya, kalo gw kan pemula tapi anteng, bukan karena bisa tapi saking takutnya bwhakakakakaa, jadi gw milih diem dan nyari inug atau adi kalo gw perlu bantuan.

Gunung prau ini punya 3 pos, dan waktu tempuhnya 2,5-4jam tergantung kehebatan fisik kalian , kalo gw sih pasti yang 4 jam hehehe...secara gw wanita berbobot jadi ya cukup susah melawan gaya gavitasi bumi yang selalu bikin badan gw jatuh ke bawah. Ada 2 jalur pendakian ,dieng dan pathak banteng ,kalau lewat dieng lebih jauh sekitar 5 jam an tapi lebih landai dan pemandangannya lebih bagus, kalau dari pathak banteng jarak tempuh 2,5-4jam tapi lebih terjal, selama ini sih pendaki lebih banyak memilih jalur pendakian via pathak banteng.

Setelah berjuang dengan kemacetan pendakian akhirnya sekitar pukul 9 malam sampai juga kami di puncak dan tendanya udah buanyaaak bingiiit. Yoyok dan inug muter-muter cari lokasi ngecamp. Setelah dapat para lelaki langsung pasang tenda, dari 3 tenda yang kami bawa ,hanya 2 yang dipakai (tau gitu gak usah diambil kali tenda di warung tadi yak). Tenda berdiri rapi, mulai masak mie instan dan masak air untuk minum kopi, di atas puncak ini berasa kayak di bumi perkemahan, karena memang ada ratusan dome. Setelah ngobrol sebentar dan sholat, akhirnya kita tidur.

Jaket, jilbab dan celana gw lumayan basah, dan gw gak bawa ganti, dan itu bikin gw gak bisa tidur,duingiiiiiin banget udaranya. Pukul 2 pagi gw ke luar tenda dan Masya Allah, bintangnya cakep beneeer. Gak tau kenapa gw sangat suka dengan apapun yang ada di langit, bintang, bulan dan matahari. Mungkin ini hamparan bintang terindah yang pernah gw lihat, serasa dekeeeeet banget dan bisa diraih tangan. Pengen gw poto tapi pake hape kagak keliatan, kamera dibawa yoyok ma adi, jadinya cuma bisa gw nikmatin dengan lensa alami, lensa mata gw, karena lensa kamera tercanggih manapun juga gak akan bisa mengalahkan lensa mata manusia.

Setelah puas lihat bintang, gw balik tidur dan sekitar pukul 5 pagi gw bangun. Sebenarnya dah dari tadi gw bangun tapi mager (males gerak) banget, diluar dah kedengaran rame pada lihat sunrise. setelah mengumpulkan niat ,akhirnya gw keluar. Ternyata agak mendung, jadi sunrisenya agak ketutupan dan gunung-gunung di sekitarnya yang harusnya terlihat indah, terlihat samar tertutup kabut awan. Tapi ga papa, masih terlihat indah.

Fajar pertama gw di puncak prau (*^▽^*)

Walaupun mendung, tapi matahari selalu menjalankan tugas dari Allah dengan baik...terbit dengan sempurna

It's time to photoshoot. Rugi duonks ada potograper tapi modelnya dianggurin, harus eksis. Si yoyok dah sepet aje liat gw pose-pose hahahahaaa. Dari jaman dulu ini orang kalo disuruh moto gw ogah-ogahan muluk, giliran motoin cewek laen semangat bener.

Ramenya pas weekend kayak pas jambore pramuka

Dan saat muter-muter cari spot yang bagus untuk foto, gw ada lihat boneka teletubies lengkap, empat-empatnya ada, padahal waktu di candi arjuna cuma 2 doank, lha di puncak sini malah ada 4, tapi karena duit kita tinggal di tenda semua, jadinya gak poto ma teletubies deh.

Bukit teletubies, Di ujung sonoooo ada teletubies nya

Setelah puas poto-poto, kita langsung pada kelaperan dan akhirnya balik tenda untuk masak. Prinsipnya om jin alias yoyok ini adalah pantang kelaparan di atas gunung, alhasil makanan yang dia bawa meriaaah bener.dari sarden, mie, beras, telur, bakso.Dan supaya gak berat-beratin bawaan pas turun, itu makanan semuanya dibikin X_X. Biasa di rumah makan nasi tempe doank, disini malah kayak di kondangan, banyak bener menunya, biarpun rasanya kagak ada yang bener hahhaha.Yang penting kenyang.

Di puncak para lelaki yang heboh masak

Pantang lapar saat di puncak gunung , biarpun rasanya kagak ada yang bener hahahaa

Trus gw tugasnya ngapain? Seperti biasa sesuai dengan keahlian gw, tuh....makan
(●´∀`●)

Pukul 9 pagi puncak prau sudah mulai sepi, dan kita pun bergegas untuk packing. Sekitar pukul 10 kita turun. Pas mau turun gw ada liat sekeluarga isinya 5 orang, dan anaknya masih kecil-kecil, yang paling besar 7 taon kedua 5 taon yang paling kecil 2,5 taon.hebaaaaaat....nanti anak gw juga gw ajak naik gunung aaaah, tapi fokus cari bokapnya dulu deh :p *sebar formulir

Sebelum turun, disempetin poto dulu biarpun backlight tapi yang penting potopoto *om jin cakep bener diliat dari belakang ehhehee

Pemandangan saat turun dari gunung prau, telaga warna dan telaga pengilon

Lukisan Allah yang terbentang indah termasuk makhluk cantik yang pake jilbab pink *gakbolehprotes

Gw suka banget pas turun prau, karena bisa ngesot-ngesot gitu. Berasa kayak maen perosotan, soalnya kalo lewat jalur yang di pakein tali, lama antrinya. Jadi gw ikut aja inug ma adi brosot-brosot mpe pada takut gw kebablasan gelinding hehehe

Sampai di base camp sekitar pukul 1 siang. Dan gw langsung sms nico. Ternyata dia di mobil, gw pikir dia bakal pergi kemanaaaa gitu, maen kemanaaaa gitu, ternyata enggak, atau gak tau dink :p .Katanya sih dia tidur di base camp malemnya, trus ngapain coba ikut kesini kalau cuma di mobil doank.

Om jin bilang "gw aja yang udah sahabatan ma lo bertaon-taon, ogaah kalo disuruh nunggu begitu", ya gw jawab aja "gw juga kalo jadi pacarnya nico, juga ogah nungguin dia di bawah kayak begitu". Jadi hanya Tuhan dan dia yang tau alasan dia mau nganterin gw sampai dieng, mungkin karena dia sudah janji dulu mau nganterin gw dan nico orang yang pantang ngelanggar janji, katanyaaa.

Hal yang paling menyenangkan dari gunung prau ini adalah warga sekitar menyediakan kamar mandi dengan air panas dan hanya 5rb doank...langsung gw mandi, udah gak betah ma lengketnya nih badan karena keringet. Semua masih pada di basecamp, gw sudah cantik habis mandi air anget....suegeeeeeer banget rasanya. Dan lucunya semua orang takjub liat gw keluar kamar mandi pake gamis hahahaaa...mungkin mereka pikir ini ibu-ibu mau pengajian dimana pake gamis di gunung.

Gw selalu masa bodoh dengan anggapan orang tentang gw dan gamis gw. Gamis ini menurut gw salah satu bentuk ketaatan gw sama ajaran agama yang gw anut. Memang gw blom bisa sepenuhnya pake gamis, tapi gw mulai pelan-pelan dan Insya Allah gak akan pernah lepas syar'i nya.lagian penting mana? Sorot mata manusia atau sorot mata Allah? Pasti Allah kan :D .  Orang-orang yang blom bisa menerima hijrahnya seseorang ,berarti dia blom bisa menerima kebaikan.Malah ceramah kan gueeee .... eeeeerrr.

Pandangan mata orang-orang di basecamp gak bikin gw risih, tapi malah seneng, kali aja ada yang ngajak kenalan *salah pokuuus. Setelah semua temen-temen mandi dan bersih-bersih. Akhirnya pukul 4 sore kita cuuusss pulang. Oiya info dari orang basecamp, hari itu ada 1200 orang yang muncak, berasa kayak jambore yaa, tapi ini masih kurang rame, kalau lagi puncak ramenya bisa sampai 2700 orang, mending enggak deh kalo serame itu, kecuali pas 17an atau taon baru sih ga papa.hmm tapi kalau sama kamu boleh deh...kapan aja mau, sama sapa? Ya sapa aja yang mau wkkwkwkwkwk, masalahnya itu, gak ada yang mau.

Phew, pengalaman yang seru gaeeess, muachkasih yang teramat sangat sama om jin, putri, bowo, inug, adi untuk pendakian kali ini, you are rock !!! , nico yang udah mau nganterin sampai dieng biarpun dalam keadaan capek banget. Pokoknya harus ada pendakian selanjutnya bareng kalian lagi, okeee!!!

Love you gaeeeesss *peyuk cium satu satu -eh kok malah pada kabur- hmpft :(

Besoknya dapat kabar dari om jin "sil, semua gambarnya ilang, memorinya rusak"
Aaaaaaarrrrrgggghhhh *phew

Aku punya janji, janji pada gunung prau untuk kembali lagi suatu saat nanti :)

Silvi
Hp : 087705391133
bb : 51798671
twitter : @dubidutour

dubidu Tour
Jl. Gejayan CT X/03
Jogja

Popular posts from this blog

Menari Jarikan di acara dimas diajeng Sleman, Jogja City Mall (JCM)

Saat gw liburan di Lombok Bali untuk taon baru , gw dapat broadcast yang isinya tentang jarikan ,jarikan ini adalah kegiatan yang diadakan oleh dimas diajeng sleman. Karena dasarnya gw suka nari jadilah gw kepikiran untuk ikut, biarpun badan gw jumbo tapi dulunya gw penari, waktu kecil kan kalau nari dengan badan gendut jadinya lucu,lha dengan badan segede sekarang nari??hmmm ya kalian nilai sendiri aja deh hahahaa. Jarikan flashmob , judul dari broadcast itu, acaranya bakal diadain di jogja city mall (jcm) tanggal 11 januari 2015, dan latihannya 3 hari berturut-turut mulai tanggal 8 januari 2015. Gw balik dari Bali tanggal 6 januari, tanggal 7 briefing dan tanggal 8 langsung latihan jarikan, mulai dari jam 4 sore sampai malam, tanggal 9 latihan dari jam 6 sore sampai 10 malam, hari terakhir latihan atau gladi resik tanggal 10, mulai pukul 10 malam langsung di jogja city mall nya. Gw pikir awalnya gerakannya bakal hip hop layaknya flash mob gitu, tapi ternyata karena ini acaranya dim

Candi Sewu Yogyakarta

Banyak banget candi yang bagus di Yogyakarta, salah satunya adalah candi sewu ini. Pertama kali gw ke candi sewu ini saat gw nganter tamu dari Bandung untuk keperluan skripsinya. Saat itu gw cuma nunggu di mobil aja (maklum supir :p ) . Beberapa hari kemudian gw lihat foto candi sewu di instagram yang keren banget, akhirnya gw coba kesana, secara dekat sama rumah ini. Candi Sewu dari kejauhan    Candi Sewu Saat itu yang gw ingin poto adalah pohon besar dengan daun-daunnya yang sedang berguguran di salah satu sudut yang ada di candi sewu ini. Apesnya gw kesananya hari minggu pagi dan disana lagi ada kerja bakti massal gitu dan saat gw sampai di pohon yang gw tuju ternyata daun-daunnya sudah disapuin (whhooooaaaaaaa T.T). Sebenarnya daun-daunnya masih ada di dekat pohon, tapi masak gw serakin lagi, yang ada gw dibakar sama yang lagi kerja bakti. Pohon yang mau gw foto, tuh daunnya mblendug di samping pohon T.T   Akhirnya gw terpaksa menerima keadaan dengan ikhl

Bukit Banyak Angkrem, Salaman, Magelang

Hari Kamis tanggal 22 Oktober kemarin, gw ma temen-temen dari magelang berangkat muncak. Tujuan kita kali ini adalah bukit banyak angkrem. Kenapa disebut bukit? karena tingginya hanya 800an mdpl, kenapa muncak bukit ini? karena biarpun hanya bukit tapi bedanya dari yang lain adalah saat mau sampai puncak, kita harus climbing dulu, jadi ada sedikit geeeermya laah . Naaaaaah, dari awal gw memang sudah dibilangin kalau ada climbingnya untuk sampai puncak, tapi yang gw gak tahu adalah ternyata tidak seperti climbing yang gw bayangkan, this is the real climbing sob !!! Kamis malam itu sekitar jam 7 kita sudah kumpul di rumah salah satu teman gw di Magelang. Gw gak ngerti rencana muncak jam berapa, siapa aja yang ikut, trus itu bukit nya ada dimana. Di saat gw mengiyakan ikut pendakian ini adalah karena gw sudah lama banget gak muncak, kira-kira 6 bulan dan gw sudah kangen banget ketinggian. Kangen capeknya, kangen ngecampnya, kangen ngobrol-ngobrolnya, kangen lihat jutaan bintang di pla