Skip to main content

Gunung prau 2565mdpl via pathak banteng (lagi)

Rabu, 15 April 2015

Gw lihat hape yang selalu ada gak jauh dari gw saat tidur, pukul 04.30, padahal gw gak pasang alarm tapi mungkin karena sudah defaultnya tiap pagi jam segini bangun, akhirnya tanpa dikomando pun otak memerintahkan badan gw tuk bangun. Mau gerak untuk wudhu aja badan gw terasa sakit semua, akhirnya gw rebahan sebentar sambil heran mengingat kejadian selama 2 hari kemaren.

Senin, 13 April 2015

Masalah sebulan terakhir bikin gw ngedrop banget , masalah bertubi-tubi datang hampir bersamaan. Saat satu per satu bisa gw selesaikan, akhirnya gw pengen refreshing dan yang kepikir adalah naik gunung, padahal gw dah janji bulan ini gak mau naik gunung dulu karena ada kerjaan di akhir bulan yang memerlukan stamina yang fit, tapi karena dah penat dan kepengen banget , akhirnya gw ajak temen-temen tuk muncak gunung prau dan Alhamdulillah pada bisa.

Kenapa gunung prau lagi??...entah.tapi gw memang pernah janji kalo suatu saat gw bakal balik lagi muncak prau gak tau kapan. Lagian prau kan naiknya gak lama jadi bisa nyantai.

Akhirnya gw ma temen-temen sepakat senin pagi ini berangkat dari jogja, tapiiiii mendadak gw dapat job ngetrip, nganterin tamu wisatawan mancanegara ke borobudur dan prambanan. Terpaksa keberangkatan ke dieng diundur malam.

Habis mengantarkan tamu ke hotel, pukul 18.00 gw sampai rumah dan langsung packing trus ngacir ke magelang. Sampai di magelang sekitar pukul 20.30. Temen gw muncak kali ini cowok semua, mas zen,agus dan linggar. Semua tinggal di magelang jadi gw jemput mereka dulu. Setelah penjemputan selesai, langsung berangkat ke dieng.

Sekitar pukul 23.00 sampai di alun-alun wonosobo dan rehat sebentar untuk cari nasi. Di alun-alun gw ada lihat 3 orang pake carrier trus poto-poto, gw pikir pendaki baru pulang muncak trus gw samperin tapi ternyata mereka baru mau muncak juga dan nunggu pagi untuk naik kendaraan umum ke dieng, akhirnya gw ajak aja barengan, secara mobil juga masih ada space tuk bawa 3 orang. Setelah ngobrol-ngobrol ternyata mereka ini dari jakarta dan masih SMA, mumpung lagi liburan UN jadi mereka mau muncak.

Tambah temen, dari berempat jadi bertujuh ヽ(*⌒∇⌒*)ノ

Saat mau ke base camp pathak banteng sempet bingung soalnya base camp nya udah pindah. Setelah sempet muter-muter nyari akhirnya pukul 01.00 kita semua sampai base camp dan langsung bersiap untuk muncak. Pendakian dimulai pukul 02.10 setelah registrasi di base camp terlebih dahulu.

Base camp pathak banteng yang baru

Base camp pathak banteng baru beberapa hari pindak ke lokasi ini. Kalau siang mungkin tidak akan ada masalah karena banyak toilet umum yang buka, nah susahnya kalau yang malam atau dini hari kayak gini, jadi bingung mau ke toilet, soalnya tidak disediakan sama sekali, di mushola terdekat pun toiletnya sangat tidak memadai karena pintunya tidak ada.

Pendakian gunung prau melalui pathak banteng bisa ditempuh kurang lebih 2 jam dengan track yang lumayan terjal. Saat kami kemaren muncak itu, kondisinya sehabis hujan jadinya licin banget, mana gw gak punya sepatu khusus hiking, jadilah lunyu-lunyu gimanaaa gitu hehehee....kudu dan wajib ekstra hati-hati bangeeet.

Salah satu hal yang paling penting dalam pendakian kayak gini adalah team lo, kalau ada satuuu aja yang suka ngeluh pasti bakal berimbas ke semuanya, karena hal yang negatif itu bisa menular lebih cepat daripada hal positif. So, harus saling menyemangati kalau ada yang down dan jangan pernah egois untuk sampai puncak duluan. Makanya banyak yang bilang , ajaklah temanmu bertualang bersama maka kau akan mengetahui sifat aslinya. Apalagi di gunung yang semuanya serba terbatas, akan terlihat siapa yang egois siapa yang suka menolong (& suka menabung #abaikan).

Track melalui pathak banteng ini sudah jauuuuuh lebih mudah dibandingkan pendakian pertama gw di bulan november taon lalu, dulu masih terjal banget, banyak tali dimana-mana untuk mempermudah pendakian, tapi sekarang sudah lebih landai dan yang paling berbeda adalah warung yang berjualan di antara pos 1 dan pos 2 sudah gak ada, malah salah satu kios sudah jadi tempat sampah. Yang masih ada hanya kios di bawah pos 2 yang kini menjadi lebih besar.

Oiya ngomongin sampah, setiap lo naik gunung WAJIB hukumnya ,gak pake alasan apapun, sampah dibawa turun sampai basecamp. Jangan pernah meninggalkan apapun di gunung gaeess...lestarikan alam kita, berikan kesempatan anak cucu kita kelak untuk bisa menikmati alam yang indah ini.

Setelah sekian lama mendaki dengan perjuangan karena tanahnya licin bener kayak habis di pel, akhirnya kita sampai juga puncak pada pukul 04.00....wow, lumayan cepet, padahal kita banyak berhentinya juga. Mungkin waktu pendakian pertama dulu bisa sampai hampir 4 jam karena ramenya kayak midnight sale nya mal di jakarta.

Sampai di atas, temen-temen langsung gelar matras karena tendanya gak dibawa, secara habis poto-poto langsung balik lagi. Setelah sholat, mas zen langsung menyiapkan perlengkapan tempurnya, kamera, tripod dan teman-temannya, tapi mungkin karena kita semua dah kecapekan, akhirnya gak terlalu banyak potonya, lagian rame banget juga jadi bingung cari spot yang bagus.

Selalu gantian poto narsis :D

Alhamdulillah cuacanya cerah, jadi fajarnya terlihat indah banget...makasih Ya Rabb

Sebenarnya sih capeknya bukan karena mendakinya tapi karena kita semua gak cukup tidur hari itu, malah bisa dibilang gak tidur seharian, jadi badan berasa remuk banget dan itu semua berpengaruh sama emosi diri. So gaeess kalau mau mendaki gunung, fisik harus dijaga ya, untuk yang jarang atau bahkan belum pernah, usahakan seminggu sebelum naik gunung itu jogging, jalan atau renang.itu semua bisa bikin badan kalian lebih fit saat pendakian dan jangan lupa perlengkapan yang dibawa harus diperhatikan juga, biar gak kerepotan di atas gunung, soalnya gak akan ada minimarket atau rental perlengkapan gunung di atas sono hehehe.

Setelah dirasa cukup, sekitar pukul 8 pagi gw ma temen-temen sepakat untuk turun. Semakin cepet sampai bawah semakin cepet istirahat dan rencananya juga kita mau mampir di batu ratapan sama candi arjuna untuk poto-poto. Tapi lagi-lagi saat turun gw terkendala sepatu yang memang bukan untuk hiking ini, jadilah gw harus amat sangat ekstra hati-hati bingiiit, kepleset dikit aja bisa bikin nama gw terukir di batu nisan (lebay). Soalnya kan curam banget dan biarpun ada yang nolongin pun pasti yang nolonginnya bakal ikut keseret sama gw karena badan gw jumbo hahhahaa.

Jalanan yang curam bikin kita harus ekstra hati-hati banget (om zen motoin dari belakang begini, gw jadi keliatan kayak babon)

Di sepanjang perjalanan turun, seperti biasa kita berhenti di beberapa spot yang keren untuk poto. Para pendaki lain yang ngelewatin kita aja sampai heran kita heboh banget poto-potonya. Om potograper nya kan idealis jadi kudu perfecto semua dan hasilnya pun gak sia-sia banget, potonya pasti bikin iri teman-teman sejagat raya O(≧∇≦)O.

Si linggar nemuin spot bagus tuk poto-poto , gayanya dah cucok banget jadi model sampul....sampul raport :p

Sisa seperempat perjalanan, gw dah gak sanggup rasanya untuk nerusin, lutut kanan dan kiri gw sakiiiiit banget karena harus nahan badan segede emaknya gaban gini. Biasanya kan turun gunung bisa lari, nah ini kalo lari pasti tewas, kalo pelan ya gini...dengkulnya berasa pengen lepas. Mana entar harus nyetir lagi sampai jogja. Tapi ini semua resiko, yang kayak gini malah yang bisa dijadiin cerita, kalau lancar-lancar aja terkadang malah gak seru (^.^) .

Penampakan di atas gunung itu sudah lazim, tuh keliatan jelas banget hahahaha...

Dengan semangat membara, gw bayangin di bawah ada yang kasih voucher jodoh cakep ,jadinya gw berusaha untuk cepat sampai bawah biar dapet yang paling cakep wkwkwkkwkkkk koplak gw, halusinasi kalau lagi capek ditambah gak tidur 2 hari ya begini jadinya.

Sampai di bawah sekitar pukul 10, dan seperti rencana dari awal kita bakal mandi air panas di dekat base camp yang dulu, soalnya toilet dekat base camp baru rame banget. Akhirnya setelah mencari ada ibu-ibu yang baiiik banget, namanya bu halimah yang ngasih kita mandi di rumahnya sekalian sambil leyeh leyeh, terimakasiiiih ibuuuu.

Sehabis sholat zuhur, kita pamit pulang sama bu halimah, tapi sebelumnya kita beli carica dulu di warung beliau. Carica ini adalah buah khas dieng, rasanya enak, manis.segeeeer banget rasanya, pohonnya seperti pohon pepaya, miriip banget malah.

Setelah makan siang, rencananya kita langsung cuss ke batu ratapan tapi apa daya hujan deras mengguyur dieng, akhirnya gw putuskan untuk langsung pulang aja, lagian gw gak bisa tidur dan temen-temen yang lain juga sudah kecapekan banget, mukanya dah pada muka kasur semua. Biarpun lutut gw sakiiit mampus, tapi gw paksain aja biar ntar nyembuhinnya di rumah aja. Sepanjang perjalanan gw doa ma dzikir terus biar sakitnya gak berasa, secara bawa temen-temen juga, ada tanggung jawab kalau ada penumpang, pokoknya penumpang semua sampai rumah selamat dulu, urusan yang lain dipikir entar, biasa jiwa supir hahahha.

Alhamdulillah pukul 19.00 sampai magelang dan gw langsung pamit pulang ke Jogja. Seneng banget bisa muncak kali ini biarpun ada beberapa kendala tapi semua bisa teratasi. No pain no gain, right?.

Terimakasih untuk pendakian gunung prau 2565mdpl kali ini, makasih untuk mas zen, linggar dan agus yang sudah sering nemenin gw untuk muncak, makasih dah dibawain semua barang gw. Baru sekali ini gw muncak gak bawa apa-apa hehehee... Ditunggu pendakian ke gunung lainnya yaaa manteman.

Silvi
Hp : 087705391133
bb : 51798671
twitter : @dubidutour

dubidu Tour
Jl. Gejayan CT X/03
Jogja

Popular posts from this blog

Menari Jarikan di acara dimas diajeng Sleman, Jogja City Mall (JCM)

Saat gw liburan di Lombok Bali untuk taon baru , gw dapat broadcast yang isinya tentang jarikan ,jarikan ini adalah kegiatan yang diadakan oleh dimas diajeng sleman. Karena dasarnya gw suka nari jadilah gw kepikiran untuk ikut, biarpun badan gw jumbo tapi dulunya gw penari, waktu kecil kan kalau nari dengan badan gendut jadinya lucu,lha dengan badan segede sekarang nari??hmmm ya kalian nilai sendiri aja deh hahahaa. Jarikan flashmob , judul dari broadcast itu, acaranya bakal diadain di jogja city mall (jcm) tanggal 11 januari 2015, dan latihannya 3 hari berturut-turut mulai tanggal 8 januari 2015. Gw balik dari Bali tanggal 6 januari, tanggal 7 briefing dan tanggal 8 langsung latihan jarikan, mulai dari jam 4 sore sampai malam, tanggal 9 latihan dari jam 6 sore sampai 10 malam, hari terakhir latihan atau gladi resik tanggal 10, mulai pukul 10 malam langsung di jogja city mall nya. Gw pikir awalnya gerakannya bakal hip hop layaknya flash mob gitu, tapi ternyata karena ini acaranya dim

Candi Sewu Yogyakarta

Banyak banget candi yang bagus di Yogyakarta, salah satunya adalah candi sewu ini. Pertama kali gw ke candi sewu ini saat gw nganter tamu dari Bandung untuk keperluan skripsinya. Saat itu gw cuma nunggu di mobil aja (maklum supir :p ) . Beberapa hari kemudian gw lihat foto candi sewu di instagram yang keren banget, akhirnya gw coba kesana, secara dekat sama rumah ini. Candi Sewu dari kejauhan    Candi Sewu Saat itu yang gw ingin poto adalah pohon besar dengan daun-daunnya yang sedang berguguran di salah satu sudut yang ada di candi sewu ini. Apesnya gw kesananya hari minggu pagi dan disana lagi ada kerja bakti massal gitu dan saat gw sampai di pohon yang gw tuju ternyata daun-daunnya sudah disapuin (whhooooaaaaaaa T.T). Sebenarnya daun-daunnya masih ada di dekat pohon, tapi masak gw serakin lagi, yang ada gw dibakar sama yang lagi kerja bakti. Pohon yang mau gw foto, tuh daunnya mblendug di samping pohon T.T   Akhirnya gw terpaksa menerima keadaan dengan ikhl

Bukit Banyak Angkrem, Salaman, Magelang

Hari Kamis tanggal 22 Oktober kemarin, gw ma temen-temen dari magelang berangkat muncak. Tujuan kita kali ini adalah bukit banyak angkrem. Kenapa disebut bukit? karena tingginya hanya 800an mdpl, kenapa muncak bukit ini? karena biarpun hanya bukit tapi bedanya dari yang lain adalah saat mau sampai puncak, kita harus climbing dulu, jadi ada sedikit geeeermya laah . Naaaaaah, dari awal gw memang sudah dibilangin kalau ada climbingnya untuk sampai puncak, tapi yang gw gak tahu adalah ternyata tidak seperti climbing yang gw bayangkan, this is the real climbing sob !!! Kamis malam itu sekitar jam 7 kita sudah kumpul di rumah salah satu teman gw di Magelang. Gw gak ngerti rencana muncak jam berapa, siapa aja yang ikut, trus itu bukit nya ada dimana. Di saat gw mengiyakan ikut pendakian ini adalah karena gw sudah lama banget gak muncak, kira-kira 6 bulan dan gw sudah kangen banget ketinggian. Kangen capeknya, kangen ngecampnya, kangen ngobrol-ngobrolnya, kangen lihat jutaan bintang di pla